Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Sunday, May 17, 2009

Nulis Artikel Ketika Orang Berbicara

Assalamualaikum Wr. Wb.
Semenjak bergabung di dunia BLOGGER, hampir tiap hari dan tiap waktu saya tidak henti-hentinya untuk meningkatkan aktifitas di Blog saya ini, terlebih lagi dengan banyaknya persaingan. Persaingan itu adalah menulis artikel kemudian memberikan komentar kepada setiap blog dan juga mengunjungi blog-blog lainnya yang dikenal masyarakat Blogger dengan Blogwalking.
Semua itu membuat saya KECANDUAN dan KETAGIHAN yang berlebihan, sehingga jika ada waktu libur, maka satu hari penuh biasanya digunakan untuk Blogwalking. Memang itu adalah kegiatan positif dan menetralisir sesuatu yang bersifat negatif.
Kalau berbicara tentang NARKOBA, ya pasti saya sangat tidak suka dan membenci dengan NARKOBA, Mengapa? Ya pastinya semua sobat tahu, karena NARKOBA adalah zat yang merusak diri kita bahkan sampai ada kasus over dosis gara-gara NARKOBA.
Tapi lain halnya kalau NARKOBA yang berhubungan dengan BLOG saya., Karena NARKOBA yang satu ini tidak membuat kita ketagihan apalagi over dosis, karena ini adalah kegiatan positif yang menjadi kebiasaan saya. NARKOBA ini adalah NULIS ARTIKEL KETIKA ORANG BERBICARA
Sepertinya kelihatan aneh, tapi ini sangat penting dan tidak boleh diremehkan. Karena artikel atau postingan yang saya tulis kebanyakan berawal dari NARKOBA.
Saat orang di sekitar saya berbicara terutama di tempat umum, saya biasanya mendengarkan, bukan maksud saya menguping pembicaraan mereka, tapi wajar saja mereka berbicara dengan suara keras, jadi setiap perkataan mereka adalah INSPIRASI untuk saya.
Tapi perkataan atau pembicaraan tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dijadikan inspirasi. Karena setiap perkataan mereka kebanyakan hal yang tidak penting. Jadi saya harus pandai memilah-milah setiap perkataan mereka. Nah jika sudah dapat ide dari pembicaraan tersebut maka selanjutnya adalah mencatat hal-hal yang penting di handphone milik saya. Tapi kalau membawa buku, langsung saja saya tulis kerangkanya. Jadi kalau sudah sampai di rumah tinggal mengembangkannya. Nah jika infonya berupa berita, saya pasti mencarinya lagi untuk dijadikan referensi.
Semua itu saya lakukan untuk Blog saya, sampai sekarangpun masih menggunakan NARKOBA (NULIS ARTIKEL KETIKA ORANG BERBICARA) . Walaupun kesulitan sering datang menyerang, tapi saya tetap berusaha, terlebih lagi infonya seputar Kalimantan Barat, pasti saya incar dan secepat mungkin saya posting supaya tidak habis masa berita tersebut.
Mmm... mungkin itu sedikit saja pengalaman saya Nge-Blog selama kurang lebih 10 bulan ini dan berarti 2 bulan lagi sudah mau masuk 1 tahun. Tidak terasa kalau Nge-Blog itu adalah sesuatu kegiatan yang membuat saya sukses di dunia Maya maupun di dunia Nyata.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
FOTO
Location : BMG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak
Created : 4 Agustus 2007
Photografer : Adi Purwoko


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



56 komentar:

bayunature May 17, 2009 at 7:36 PM  

menulis, apapun itu temanya akan melatih daya nalar kita. dan mudah2an bisa bermanfaat bagi pembacanya. he..he..bagus tu singkatannya.....

zener_lie May 17, 2009 at 7:56 PM  

sipppp.... calon jurnalis :)

sebetulnya sih kalau aku lebih sering mendengarkn dan mencari obyek foto daripada menulis. karena untuk bahan lebih mudah cari bahan di internet atau buku karena biasanya udah ada semua.

kesana hanay untuk membuatmu bisa lebih mengerti dan mendalami. itu sih yang umumnya saya lakukan.

artiirhamna May 17, 2009 at 8:03 PM  

@bayunature : Hehe,,, makasih sob, sulit lo cari inspirasinya. tulisan ni untuk lomba di gawaiblogger.blogspot.com, mohon dukungan dari semuanya ya!!
@putra sigit : Yap, saya tetap Semangat, BLOGSPIRIT.
@zener_lie : bener sekli mas, saya juga kalau nulis liat koleksi foto dulu, trus biasa dapat ide untuk nulis.
@zabidi : tapi enggak berlebihanlah!!.

zabidi May 17, 2009 at 8:06 PM  

huhuhuh.bagus jika begitu.read my new post will ya.read all my blog,blogspot n sythasite.u know where 2 find me.see u there

artiirhamna May 17, 2009 at 8:08 PM  

@zabidi: gax usah diobati, toh ini hal + yang bisa membuat kita makin pandai untuk menulis.

Unknown May 18, 2009 at 12:01 PM  

sampai saat ini pun saya masih terus berlatih untuk bisa menuangkan apa yang ada dalam pikiran saya kedalam bentuk tulisan, merangkai kata2 yang enak dibaca itu susah juga ya?

ridwanox May 18, 2009 at 3:07 PM  

asslmkm.........
iya mmng kalo lama2 ngeblog bisa kena kecanduan........hrs sring dikontrol spaya tidk berlebihan............

salam nal ya.........

LI May 18, 2009 at 4:45 PM  

daku blum nyampe seperti itu...
cm akan kucoba hehehe...
makasih osb...^^

Bang Del May 18, 2009 at 7:27 PM  

Menulis sebanyak-banyaknya biar makin rame ditangkep search engine. Mantaf singkatannya pren :)

budiawanhutasoit May 18, 2009 at 10:23 PM  

Ide atau si 'AHA'..bisa datang darimana aja..
jadi sekali dapat ide..sebisa mungkin langsung ditulis deh..daripada keburu hilang..

happy blogging ya..

Rumah Islami May 18, 2009 at 10:38 PM  

pengalaman yang menarik ya...menarik jg tehniknya menyimpan kerangka tulisan di hp...takut lupa ya

HAPIA Mesir May 19, 2009 at 4:02 AM  

wah ceritanya ni lg kcanduan ng-blog ya sob?????

hehehe.....g pa2.....karena itu positif.....tingkatkan terus sob...semangat utk selalu berbagi dan berguna bagi semua orang sob....

semangat blogger......

cahyadi May 19, 2009 at 7:25 AM  

Setuju mas... emang menulis idenya bisa dari mana saja... salah satunya ya seperti mas bilang 'nguping' dari pembicaraan orang... dan itu juga seringkali saya terapkan...
Oke mas... salam kenal... dan terus maju...

ems May 19, 2009 at 7:38 AM  

ehm, menulis bukan hal yang mudah, dengan kita bisa menulis, apalagi tulisan kita begitu enak untuk dibaca, itu sudah bisa mewakili dan mencerminkan kepribadian kita, yang slalu ingin berkarya, kepribadian kita yang dipenuhi dengan ilmu, dengan begitu, kita tak perlu repot untuk mempromosikan diri kita, karena,..tulisan kita adalah cerminan kita. hehehe gak ada titiknya, ya..

ayt May 19, 2009 at 10:23 AM  

Memang lebih berguna kita menghabiskan waktu, atau boleh dibilang mengisi waktu kita sambil mengasah ketrampilan blogging, membaca dan menulis dengan blog dari pada menjerumuskan diri ke dunia Narkoba. Sukses buat kawan ini dari Kalbar. :)

narti May 19, 2009 at 11:12 AM  

memang bener, waktu berjalan cepat kalo di depan kompi. teruskan berbagi ilmunya yah. makasih.

vienka - donlot May 19, 2009 at 1:36 PM  

keep psting sob ^^ aneh ya saya kok ga bisa koment di shoutbox yahh ?? bingung ??

ngatmow May 19, 2009 at 1:48 PM  

wah aku jadi malu nih....habis aku jarang update postingan dan bahkan jarang banget OL.....

let's keep rockin' sob....

Gudang Hikmah May 19, 2009 at 2:09 PM  

yap,menulis jauh lebih berbekas dari pada cuma ngomong. bisa kuat ratusan tahun kalo dibukukan he...he..

Ronny Kongdoh May 19, 2009 at 5:45 PM  

teruslah menulis bro...karena dgn menulis memperlancar aliran darah ke otak....

arumsekartaji May 19, 2009 at 7:53 PM  

Memang itulah gaya Jurnalistik Lapangan yang biasa kita catat, rekam sekaligus segera menuangkan ke dalam tulisan. Perlu juga studi kepustakan agar menjadi pelengkap tulisan yang telah kita rancang dalam Lead, Body, Foot sebuah berita dengan mengedepankan rumus baku 5W+1H.
Kalau saya menulis berdasarkan inspirasi yang tiba-tiba muncul saat bekerja,olah raga bahkan ketika sedang tidur lalu muncul mimpi.
Nah latihan terhubung dengan Kesadaran Jiwa kita adalah mencatat secara rinci deskripsi alam mimpi dan segera menuangkannya ke tulisan esok harinya.Ini menurut buku Kesadaran Jiwa karangan Irmansyah Effendi guru Reiki.

mas-aripp May 19, 2009 at 8:07 PM  

Mengisi kekosongan dengan mencurahkan buah pikiran yang tertuang dalam tulisan memang menjadikan waktu senggang menjadi mengasyikkan ..

fathul jannah May 20, 2009 at 10:20 AM  

hehehehe ham rase na' ketawa mulu ni, ^_^ ngeliat ft itu tu...hehehe

jadi teringat kenangan masa lalu waktu kite skul,,, kenangan tak terlupakan :)

Seri May 20, 2009 at 12:05 PM  

nggak ada yg senang didunia ini mau sukses harus usaha terus. imbalannya pasti ada kelak. jangan pernah putus asa terus menulis.

vie_three May 23, 2009 at 12:35 PM  

ealah ta'kirain narkoba beneran.... ternyata nulis artikel ketika orang berbicara.... kalau aq mah dapat inspirasi begitu sajo tuch.....

weleh2 ketagihan ngeblog yak, aq malah barusan selesai hiatus.... wkwkwkwkwk

SEMANGAT yak!!!

CAHAYA NURANI May 24, 2009 at 9:33 AM  

salam sillaturrahmi,,,

sebenernya menulis adalah sebuah letupan nurani kita,,,

semoga sll menjadi mns yg bermanfaat

roomen May 28, 2009 at 8:30 AM  

NARKOBA kirain kokain bos,, ga taunya singkatan,, keep posting bos,, tetep semangat...

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP