Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Tuesday, May 17, 2011

Pengalaman Menjadi Penyiar di Colleger Radio [Bagian 1]

Assalamualaikum Wr.Wb.
Sudah hampir sebulan ini, Saya mempunyai profesi baru. Profesi tersebut membuat Saya lebih banyak berada di Rumah dan online kurang lebih 3 jam. Profesi tersebut lebih banyak berbicara dan juga memutarkan hits-hits lagu, banyak membaca Informasi dan Berita juga. Apa ya? Susah juga mendeskripsikannya. Itu saja yang saya tahu. Awal cerita dengan profesi ini, Saya ditawarkan oleh salah seoarang teman yang juga Adik tingkat kuliah. Sebut saja namanya Mahdy, dia juga seoarang Kaskuser yang menjadi Ketua Kaskus Regional Kalimantan Barat. Suatu hari sekitar akhir bulan April lalu, terjadi perbincangan yang agak serius di YM. Tentunya tawaran tersebut adalah profesi yang saya deskripsikan tadi. Saya sendiri ragu dengan profesi tersebut, karena tidak ada pernah melakukan profesi tersebut, kecuali iseng-iseng menirukan profesi tersebut pernah. Hehehe...
Daripda bingung dan susah menjelaskannya, langsung ke intinya. Profesi tersebut adalah Penyiar Radio. Saya tidak habis pikir dengan profesi menjadi Penyiar Radio, itu adalah keinginan Saya dulu yang belum terwujud. Tawaranpun saya terima dengan sukarela, hingga besokpun kami bertemu di kampus dan mendengarkan penjelasan dari Mahdy cara-cara bersiarannya.

Oh ya, perlu sobat ketahui, bahwa ini bukan siaran Radio dengan FM tapi streaming, yang artinya hanya dapat didengarkan jika ada koneksi internet dan karena radio FM juga ada dengan streaming, maka ada juga yang menyediakan file yang dibuka dengan winamp untuk mendengarkan radio.


Sama halnya dengan profesi penyiar kebanyakan, tentunya butuh headphone, microphone serta yang tidak kalah penting adalah list lagu-lagu yang bakal diputarkan saat acara radio berlangsung. Mmm... berhubung list lagu Saya banyak Korea, akhirnya kami berdua memutuskan untuk membuat program acara yang isinya seputar Korea dan juga lagu-lagu yang diputarkan adalah lagu Korea.

 


Colleger Radio | Radionya Anak Kampus

Nah, sobat juga mesti tahu nama radionya, namanya adalah “Colleger Radio” dari namanya sudah jelas, ini adalah Radionya Anak Kampus dan berisi seputar informasi kampus tentunya dan banyak hal lainnya tentang anak kuliahan/kampus.

Lanjut lagi sob!! Hari siaran perdana tiba.
Sebelumnya kami telah lakukan uji coba untuk melakukan test suara dan peralatan. Semua berjalan lancar saat percobaan. Lalu, mulailah perdana siaran Saya yang dimulai pukul 15.00 WIB pada hari Jumat, 29 April 2011. Saat itu sebelum pukul 15.00 WIB, cuaca di Pontianak tidak mendukung, hujan lebat dan angin ribut dan petir yang menyambar kuat. Saya berdebar-debar dengan semua ini, maklum saja siarannya di rumah bukan di studio khusus yang kedap suara. Alhamdulillah, 10 menit sebelum siaran cuaca kembali reda dan hanya gerimis.
Pukul 15.00 WIB, ON AIR!! 1 buah musik pembuka diputar sebelum Saya membuka acara dan tentunya itu lagu Korea. Hahaha...

Yupz, akhirnya setelah lagu selesai, mulai Saya bicara. “Assalamualaikum Wr.Wb., Selamat sore Sobat Colleger dimanapun berada... bla.. bla... bla...” Udah selesai bicara langsung masuk ke lagu lagi. Terus Saya tanya sama Mahdy, “Gimana Hasilnya”, melalui YM. “Suaranya kecil banget gan, besarin lagi volume mic-nya”, Kata Mahdy.
Waduh, Saya sendiri bingung mau bagaimana, perasaan udah besar nih volume dan pas masuk Saya bicara lagi, masih saja katanya suara Saya kecil. Akhirnya siaran perdana Saya tidak memuaskan, dan tentunya banyak sekali yang terjadi.

Tentunya sobat mau tahu kan cerita selanjutnya apa saja yang terjadi siaran perdana Saya dan siaran-siaran berikutnya yang mulai oke aja katanya. Oke, Saya sekiankan dulu. Cukup panjang ceritanya, jadi akan Saya lanjutkan di Postingan Mendatang.

Jangan Lupa dengarkan “Colleger Radio, Radionya Anak Kampus
Saya ON AIR Setiap Hari Minggu-Senin
Senin, Jumat, Minggu : 15.00-17.30 WIB
Selasa dan Kamis : 15.00-16.30 WIB
Rabu : 16.00-18.00 WIB
www.e-campusradio.com

Wassalamualaikum....



Sumber Gambar Pertama :
http://henynurmayanto.files.wordpress.com/2008/08/studio-radio.jpg


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



13 komentar:

vicky May 31, 2011 at 8:41 AM  

mantap artikelnya , tapi ada kendalanya gak kalau jadi penyiar radio ?

Ilmu SEO June 4, 2011 at 9:23 AM  

Jadi kepingin juga siaran radio

Mas Bro Tukaran Link Yuk.. Linknya udh aku pasang di http://ilmunyata.blogspot.com ... Silahkan di Cek

Pasang link aku juga ya :
Link = http://ilmunyata.blogspot.com
Anchor Text = Belajar SEO & Blog

Mohon Di tanggapi, kami berharap anda mnjadi Sahabat Blogger kami...Salam Hangat Sahabat Blogger. Di tunggu ya :)

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP