Kota Pontianak Lingkungan Hidup Ruang Video Ruang Foto Ruang Cerita

Wednesday, June 03, 2009

Aku Berada di Bumi Khatulistiwa

Assalamualaikum Wr.Wb.
Aku tinggal dan hidup di sini, begitu indah kehidupanku, walaupun tidak luput dari penderitaan maupun kesengsaraan tapi sudah sepantasnya semua manusia merasakannya termasuk diriku ini yang tinggal di Bumi ini, Bumi Khatulistiwa.
Pesona alam Bumi Khatulistiwa begitu terpancar oleh cermin-cermin yang membentang dari hulu sampai ke hilir. Begitu menakjubkan dan mempesona setiap orang yang melihatnya. Cermin ini begitu panjang, panjang di Negeri ini. Cermin ini adalah sungai kami, Sungai Kapuas, sungai yang menjadi aktifitas masyarakat di Kota ini.
Khatulistiwa adalah garis yang membagi Bumi menjadi 2 bagian, Utara dan Selatan. Tepat di garis ini, Aku harus berhati-hati dan harus menjauhi dari garis ini, karena suatu saat garis ini akan melenyapkan bayanganku bahkan bayanganmu di saat Kulminasi Matahari yang tiap tahun akan mengawasimu. Walaupun demikian Aku tidak akan pernah takut kalau bayanganku hilang, karena bayanganku akan selalu ada dikala matahari tetap bersinar di Kota ini.
Aku memang penduduk asli Bumi Khatulistiwa, Aku telah singgah di Keraton ini, keraton yang mengawali kota ini lahir pada saat Negeri ini belum mengumandangkan seruan kemerdekaannya Keraton Pontianak yang wajib Aku singgahi, karena Jikalau belum singgah, belumlah sah Aku hidup dan sampai di Bumi Khatulistiwa ini, begitulah pepatah dari orang tetua.
Aku berasal dari Etnis melayu, salah satu dari 3 Etnis yang mendominasi Bumi Khatulistiwa ini. Etnis Dayak dan Tiongha itulah etnis yang ada di sini, 3 etnis tersebut hidup rukun dan damai dengan kebudayaan mereka yang beraneka ragam.
Aku punya tanaman khas di Bumi ini, ia tumbuh di lahan gambut, ia begitu besar dan hijau, ia seperti lidah yang menjulur panjang, ia mempunyai duri yang tajam, yang bisa menusuk dirimu kapan saja. Ia tidak akan menyerangmu kalau engkau tidak memegangnya dengan benar. Ia adalah Lidah Buaya, lidah yang begitu lezat untuk dinikmati sebagai penyegar dahaga ketika dirimu merasa haus.
Selain floranya yang begitu khas, Faunanya juga mampu menarik daya pikat tersendiri. Walaupun Aku belum pernah melihat secara langsung fauna ini. Tapi dari gambarnya, ia begitu cantik dengan paruhnya yang panjang dan gadingnya yang begitu Elok. Ia adalah Burung Enggang Gading yang menjadi maskot kota ini. Yang replikanya banyak aku temukan di Kota terutama di Jembatan Kapuas.
Aku berada di Bumi Khatulistiwa, bumi yang memiliki sejuta pesona yang tidak akan bisa Aku bayangkan. Subhanallah, Engkau telah menciptakan Bumi ini dengan kekuasaanmu yang tiada tandingannya. Aku patut bersyukur dan harus menjaga kelestariannya, agar anak cucuku bisa menikmatinya kelak.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Foto :
Pribadi (Sungai dan Keraton)
http://www.kellycheek.com/Art/Prints/Fauna/Hornbill.jpg
http://tanamanberkhasiat.files.wordpress.com/2008/08/lidah-buaya.jpg


Bagikan :

Baca juga yang lainnya...



64 komentar:

budi June 3, 2009 at 7:43 PM  

Puji syukur kepada Tuhan telah menciptakan keindahan bumi utk manusia.

Anonymous,  June 3, 2009 at 7:59 PM  

Segala puji bagi ALLAH SWT yg menciptakan BUMI ini begitu indah!! sebaiknya kita harus menjaga bumi ini dan merawatnya dengan baik!!

seri June 3, 2009 at 8:56 PM  

dengar cerita sebelah sana alam semulajadi belum berapa tercemar. ada baiknya kalau sob bisa membuat posting gambar pemandangan agar kita semua bisa melihat keindahan alam semulajadinya.

artiirhamna June 3, 2009 at 9:03 PM  

@mahasiswa dbs: Boleh saja ke pontianak, ditunggu kunjungannya.
@seri: ya nanti foto2 khusus pemandangan alamnya akan saya tampilkan

Suara Petualang June 3, 2009 at 9:39 PM  

Wah...tak lama lag aku juga pulang ke Singkawang, tapi pasti mampir sebentar di Pontianak....

Nice City....

Salam Lestari.........

awan_clickerz June 4, 2009 at 12:04 AM  

Hmmm.keindahan alam yang patut disyukuri bersama,
ke elokan pencipta dalam mengatur iraham ke hidupan,.....amazing

Yup !

PS: maaf baru bisa kembali bersilaturahmi, kerjaan deadline..:D)

IHSAN June 4, 2009 at 5:56 AM  

wah klo ssaya disampingnya

lain kali mau ke pontianak aahh

saya kan di kalteng

nyophy June 4, 2009 at 9:21 AM  

wah wahhwahhhhh,,,, potonyaaaa makin bagus" aja...lanjutkan perjuanganmu sobat!

waluyo June 4, 2009 at 9:43 AM  

kalimantan, begitu tampak keindahannya walau baru sebatas tulisan anda, namun kapan aku bisa ke sana?

zhind June 4, 2009 at 6:02 PM  

wuiiiihhhh jadi pengen kesana sob...
kapan2 ajakin qta2 kesna ya :) :)

Bandrek Cantigi June 4, 2009 at 9:46 PM  

kapan-kapan aku pengen tuh ada di tugu katulistiwa sambil minum bandrek cantigi enak kali yah.... hehehheheh

Neo_Mujahid June 4, 2009 at 10:32 PM  

Seiap orang punya kisah...setiap orang punya cerita...namun yang pasti, Jadilah Pahlawan dalam kisah kita masing-masing...!!! Aku bangga padamu sobat..!!

Unknown June 5, 2009 at 8:43 AM  

Kalimantan adalah pulau terindah dan teraman dari bencana alam.......
Aku cintakalimantan
Khusunya BaNJARMASIN.............

Ardhiansyam June 5, 2009 at 10:21 AM  

Indonesia tanah airku, sebaik atau seburuk apapun, aku tetap membelanya..

rizal June 5, 2009 at 11:08 AM  

salah satu kelebihan kita adalah kita berada digaris katulistiwa.

salam kenal nice post

Unknown June 7, 2009 at 6:20 AM  

Pesona khas khatulistiwa nusantara memang elok sobat...salam sukses slalu sob...

BLOG SEHAT ALAMI June 7, 2009 at 10:44 AM  

Waduh keratonnya masih tampak megah ya? Memang kalau kita berada di Pontianak akan merasakan betapa panasnya bumi ini mengingat Pontianak dilalui oleh garis khatulistiwa.
Tapi sengatan sinar matahari ini akan berkurang manakala kita mecicipi jeruk Pontianak yang air buahnya ini manis dan lezat. Sungguh pemandangan indah manakala menyaksikan terbit dan tenggelamnya matahari yang membiaskan sinarnya ke permukaan air Sungai Kapuas.

abang June 8, 2009 at 4:25 PM  

Wah .. abang jadi pengen pulang nih, pengen mancing dan menjala ikan lagi di kapuas seperti dulu

budiawanhutasoit June 10, 2009 at 3:28 PM  

entry yang bagus..
boleh tanya, itu burung Enggang Gading masih ada ga..apa sudah punah?

tito June 12, 2009 at 1:06 PM  

wah mantap nih... ikutan om, keliling khatulistiwa... good post! :)

IMAM MEQELS June 18, 2009 at 8:26 AM  

Memang seharusnya kita sebagai masyarakat indonesia harus bangga dengan segala yang di miliki oleh bangsa kita,serta yang lebih penting lagi ialah kita harus pandai menjaga dan melestarikan apa yang masih tertinggal,karna itu semua adalah harta dan kebanggaan yang tak ternilai,salam

Nikmaya John August 10, 2011 at 6:21 PM  

Burungnya cantik banget,,,, beruntung agan hidup di tempat yang indah seperti itu,,,

Iklan gratis tanpa daftar August 10, 2011 at 6:23 PM  

Kalau bicara potianak jadi ingat sama pelajaran sekolah tentang kota kota yan dilewati garis katulistiwa,,, pontianak ini salah satunya,,,

Chencake August 10, 2011 at 6:24 PM  

Tuhan memang Maha Besar dengan segala ciptannya,, tapi masih ada saja manusia yang tidak bisa mensukuri nikmat Tuhan,,,,

Aefa November 26, 2013 at 7:51 AM  

keraton itu maksudnya apa ya? :)
saya juga bangga hidup di sini.
suasana tenang dikelilingi alam semula jadi.
Harap alam ini terpelihara untuk mereka di masa depan.

artiirhamna November 26, 2013 at 7:59 AM  

@Aefa keraton tu sama je dengan istana, tempat tinggal Raja :D
Semoga terpelihara hingga masa akan datang . . .

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bernilai dan berbobot.
Mohon maaf jika komentar Anda yang berbau SARA maupun SPAM akan terhapus. Untuk itu berkomentarlah sesuai dengan postingan karena Komentar Anda sangat dihargai di laman blog www.artiirhamna.com

KOMENTAR ANDA AKAN DI MODERASI TERLEBIH DAHULU

Terima Kasih.

Arti Irhamna | Disclaimer | Sitemap
Copyright © 2013. Arti Irhamna - All Rights Reserved

Template Edited by Arti Irhamna
Proudly powered by Blogger
Back to TOP